Kesal Karena Dipecat Karyawan Ini Hapus Server Perusahaan

Karyawan ini kesal karena di pecat berakhir hapus 180 Server virtual perusahaan lamanya . Akibat dari perbuatannya tersebut menyebabkan perusahaan merugi sekitar Rp 11 miliar rupiah . Nama karyawan ini Kandula Nagaraju. Dia di pecar dari perusahaannya di Singapura yang bergerak di bidang layanan komunikasi dan informasi, yaitu NCS pada Oktober 2022 karena kinerja yang buruk. Dia terakhir kerja pada 16 November 2022.

Menurut dokumen Pengadilan, Nagaraju bingung dan kesal . karena merasa dirinya sudah bekerja dengan baik . Setelah di pecat ia bahkan kembali ke India tanpa pekerjaan apapun. Lalu, pada 6 dan 17 Januari 2023, dia pakai laptop nya untuk mengkakses sistem perusahaan secara ilegal sebanyak 6 kali menggunakan administrator login credential. Sebulan berikutnya, setelah dapat pekerjaan baru dan kembali ke Singapura. Dia mengakses sistem NCS lagi menggunakan jaringan Wi-Fi mantan rekan kerjanya .

Selama dua bulan, Nagaraju menulis computer script untuk mengahpus server NCS. Pada 18 dan 19 Maret 2023, dia menjalankan script tersebut dan menghapus 180 virtual satu per satu. Tim NCS akhirnya sadar kalau sistemnya tidak bisa di akses dan menemukan server sudah di hapus. Nagaraju pun di jatuhi hukuman 2 Tahun 8 Bukan di penjara pada 10 Juni 2024 atas akses illegal ke materi komputer perusahaan lamanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

en_USEnglish