Bocornya 10 Miliar Kata Sandi Online, Kejadian Terbesar dalam Sejarah Internet

Alpha News – Dilaporkan bahwa hampir 10 miliar kata sandi telah tersebar secara daring dalam sebuah kebocoran besar, yang dapat mengancam keamanan informasi pribadi Anda. File yang dikenal sebagai “rockyou2024.txt“, yang berisi 9,9 miliar kata sandi, ditemukan di situs web peretas, seperti yang diberitakan.

Menurut laporan GizChina, meskipun jumlahnya sangat besar, tidak semua kata sandi tersebut baru. Ahli keamanan menyatakan bahwa sebagian besar merupakan campuran dari kata sandi lama yang berasal dari peretasan lebih dari 20 tahun yang lalu, ditambah dengan beberapa kebocoran baru.

Kumpulan kata sandi sebesar ini mempermudah para peretas untuk mencoba memecahkan kata sandi Anda. Mereka dapat menggunakan teknik yang dikenal sebagai “serangan brute force”, di mana mereka mencoba setiap kombinasi huruf dan angka secara berurutan sampai mereka berhasil menebak kata sandi Anda.

Kebocoran Kata Sandi Massal, Rekor Baru dengan 10 Miliar Data Tersebar di Web

Dengan kebocoran ini, peretas diberi alat besar untuk mencoba mencuri kata sandi Anda. Karena ukurannya yang sangat besar, mereka dapat dengan mudah menebak kata sandi Anda dengan mencoba jutaan kombinasi sekaligus.

Untuk meningkatkan keamanan, disarankan pengguna internet segera mengubah kata sandi mereka. Selain itu, penting untuk menambahkan lapisan keamanan tambahan pada akun-akun mereka dengan menggunakan otentikasi dua faktor atau 2FA.

Sistem 2FA ini bertindak seperti pintu ganda untuk akun Anda, sehingga walaupun peretas berhasil menebak kata sandi Anda, mereka tetap tidak bisa masuk ke akun Anda tanpa kode verifikasi yang dikirimkan ke ponsel atau kunci keamanan Anda. Kode ini berubah setiap kali Anda mencoba masuk, menjadikannya sangat aman.

Sebagai alternatif, pengguna juga dapat memanfaatkan manajer kata sandi atau password manager, yang berfungsi sebagai brankas super aman untuk semua kata sandi. Dengan alat ini, Anda dapat dengan mudah menyimpan, memperbarui, dan mengelola kata sandi yang kuat untuk semua akun Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

en_USEnglish