Indonesia Masuk 30 Besar Daftar WEF 2024, Negara dengan Indeks Pariwisata Terbaik di Dunia

Indonesia – World Economic Forum (WEF) telah merilis indeks pariwisata terbaik dari negara-negara seluruh dunia. Dikutip dari CNN, Minggu, 26 Mei 2024, Amerika Serikat menjadi yang terbaik, menduduki posisi teratas mengalahkan berbagai negara dari Eropa dan Asia.

Data yang dirilis pada Selasa, 21 Mei 2024 tersebut merupakan hasil pemeringkatan dari beberapa kriteria, seperti infrastruktur, sumber daya alam, keberlanjutan atau sustainability, ketersediaan tenaga kerja, dan harga yang kompetitif bagi para wisatawan. WEF juga berfokus pada bisnis pariwisata, seperti hotel, bandara, objek wisata, maskapai penerbangan, dan sejenisnya, dan bukan hanya dari pengalaman para pelancong.

Lalu, di mana Indonesia? negara kita naik sepuluh peringkat lebih tinggi ketimbang tahun 2023 di posisi ke-22. Dalam data, Indonesia mengalami kenaikan skor menjadi 4,46, lebih tinggi 4,5 persen dari pada sebelumnya. Indeks ini menjadi bukti bahwa geliat dalam sektor pariwisata Indonesia masih terus berlangsung pascapandemi.

Selain itu, berdasarkan urutan regional, Indonesia menempati peringkat keenam untuk wilayah Asia Pasifik dan yang kedua di ASEAN, hanya kalah dari Singapura yang ada di urutan tiga belas. Sandiaga Salahuddin Uno selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) menyatakan bahwa hal tersebut merupakan suatu kebanggaan bagi warga Indonesia.

“Indonesia mampu mencapai peningkatan peringkat, naik hingga 4,46 persen dari posisi 32 menjadi posisi 22. Oleh karena itu, jangan pernah feeling inferior ke negara-negara lain tentang pariwisata Indonesia, karena kita sudah di posisi 22 besar dunia, jadi kalau kita di ranking dunia ada 119 negara, kita ini sudah papan atas,” kata Sandi, seperti siaran pers yang dibagikan dalam web Kemenparekraf, 21 Mei 2024. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *