WhatsApp Siapkan Fitur Video Note untuk Pengiriman Pesan Video Pendek Lebih Praktis

Alpha News – Platform WhatsApp sedang menyiapkan fitur baru bernama Video Note, yang mirip dengan fitur video message. Sistem ini dirancang untuk memudahkan pengguna dalam mengaksesnya.

Fitur Video Note sebenarnya bukan hal baru. Fitur serupa telah ada sejak tahun 2023 dengan nama video message, dimaksudkan untuk memperkaya pengalaman pengiriman pesan pengguna WhatsApp.

Untuk merekam video message, pengguna harus menekan dan menahan ikon kamera dalam percakapan. Hal ini sering membingungkan pengguna karena sering tertukar dengan tombol Voice Note.

Dalam pembaruan terbaru ini, Video Note dapat dibuat tanpa perlu menahan tombol kamera dalam percakapan. Caranya hanya dengan mengklik ikon kamera sekali.

Sistem kemudian akan mengalihkan pengguna ke tampilan kamera. Di sana, tersedia opsi baru yaitu Video Note. Pengguna dapat menggeser tampilan kamera ke opsi Video Note untuk merekam video secara instan.

Menurut temuan WABetaInfo, WhatsApp sedang menguji fitur Video Note di WhatsApp Android versi beta 2.24.14.14. Ini menunjukkan bahwa fitur ini masih dalam tahap pengembangan dan hanya tersedia terbatas untuk pengguna beta, namun belum dirilis secara resmi ke publik.

Diklaim menawarkan pengalaman yang lebih efektif dan efisien dalam berbagi pesan melalui kamera.

“Fitur ini menghilangkan cara akses sebelumnya dengan menekan dan menahan ikon kamera di kolom obrolan,” jelas WABetaInfo.

WhatsApp kemungkinan besar akan menggantikan fitur video Messages dengan Video Note yang baru. Sebelumnya, pengguna dapat membagikan video berdurasi 60 detik dengan menekan dan menahan ikon kamera di kolom chat.

Dalam pembaruan ini, WhatsApp akan menghitung mundur selama tiga detik sebelum kamera mulai merekam gambar. Kini, pengguna hanya perlu mengklik ikon kamera sekali tanpa perlu menekan dan menahan.

Setelah itu, sistem akan langsung mengalihkan pengguna ke tampilan kamera, di mana tersedia opsi baru bernama video note. Pengguna dapat menggeser tampilan kamera ke opsi video note untuk merekam video secara langsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

en_USEnglish